Program S1 Fisika Universitas Indonesia (UI) Jakarta

1
Bagi anda yang sedang mencari Program S1 Fisika Universitas Indonesia (UI) Jakarta silahkan lihat berikut ini:

Deskripsi Program Studi
FIN_4426Lulusan Departemen Fisika dapat bekerja di berbagai bidang sebagaigeophysicst, access engineer, data analyst, dan radiotherapic. Institusi-institusi yang membutuhkan sarjana fisika diantaranya Pertamina, Batan, Pindad, LIPI, Indosat, BMKG dan perusahaan tambang.

Mahasiwa juga akan memilih bidang peminatan yang ada di Departemen Fisika, yakni Fisika Nuklir dan Partikel, Fisika Material, Fisika Material Terkondensasi, Fisika Instrumentasi elektronika, Geofisika, Fisika Medis dan Biofisika.

Program studi ini di buka pada kelas sarjana reguler dan sarjana paralel, dimana jalur masuk untuk kelas sarjana reguler melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB.

Biaya Pendidikan
Biaya pendidikan S1 Reguler dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan). BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp 100.000 – Rp 7.500.000. Untuk S1 reguler terhitung 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal, hal ini dikarenakan uang pangkal disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

UI menggunakan Uang Kuliah Tunggal atau UKT sebagai sistem pembayaran dimana mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan program studi dan tidak dikenakan lagi biaya per SKS. Untuk biaya pendidikan S1 Paralel sifatnya tetap. Besaran BOP-nya adalah sebesar Rp 8.000.000,- per semester dan Rp 15.000.000,- untuk uang pangkalnya.

Jadwal Pendaftaran
Informasi komprehensif Program Studi Sarjana Fisika
Dokumen informasi lengkap Program Studi

Kurikulum Prodi S1

Penyusunan kurikulum pendidikan tinggi yang berbasis kompetensi untuk setiap program studi adalah amanat dari Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2000 dan Nomor 045/U/2002. Kompetensi sendiri dalam Kepmendiknas No.045/U/2002 diartikan sebagai “seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggungjawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pekerjaan tertentu”. Kompetensi dapat pula diartikan sebagai ciri-ciri pengetahuan, keterampilan dan kepribadian yang diperlukan untuk mencapai performansi (kinerja) yang tinggi.

Mengingat Departemen Fisika, FMIPA-UI memiliki 6 peminatan, maka kurikulum berbasis kompetensi (KBK) juga disusun sesuai dengan peminatan masing-masing. Inilah KBK untuk masing-masing peminatan:

  1. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) untuk peminatan Fisika Nuklir & Partikel Teoritis
  2. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) untuk peminatan Fisika Material
  3. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) untuk peminatan Fisika Materi Terkondensasi
  4. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) untuk peminatan Sistem dan Instrumentasi Fisika
  5. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) untuk peminatan Fisika Medis

 

 

Kontak:
Departemen Fisika FMIPA-UI Gedung F Kampus UI Depok. Depok 16424
Telepon: 021 786 2610
Fax: 021 786 3441
Email: santoso.s@ui.ac.id; sekretariat@sci.ui.ac.id

 

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UI.


Demikianlah informasi Program S1 Fisika Universitas Indonesia (UI) Jakarta kami sampaikan, semoga bermanfaat.