Program D3 Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta

1
Bagi anda yang sedang mencari Program D3 Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta silahkan lihat berikut ini:

Visi dan Misi

VISI

“Menjadi lembaga pendidikan tinggi terapan yang unggul, bermartabat dan mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia profesional berjiwa Pancasila untuk Indonesia yang lebih baik”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian terapan untuk menghasilkan lulusan yang profesional sesuai tuntutan dunia kerja global.
  2. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama dengan para pemangku kepentingan.
  3. Menyediakan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk membentuk kepribadian profesional yang memiliki komitmen pengembangan dan penerapan pengetahuan serta pengembangan ketrampilan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat

TUJUAN

  1. Terselenggaranya program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berbasis terapan.
  2. Terselenggaranya pendidikan tinggi terapan yang unggul, bermartabat, dan bertata kelola baik sehingga mampu menghasilkan lulusan profesional yang diterima dan diakui mutunya oleh dunia kerja baik nasional maupun internasional.
  3. Tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai penyelenggara terampil dan profesional pada bidang yang spesifik dan bersertifikat.
  4. Tersusunnya sistem manajemen administrasi baik akademik, keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM) maupun aset yang tertib, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel.
  5. Terselenggaranya Pendidikan Vokasi yang menyelenggarakan program pendidikan diploma, magister dan doktor terapan.
  6. Terselenggaranya jaringan kerjasama dengan pemerintah, institusi pendidikan, dan para pengguna lulusan baik nasional maupun internasional.
Kompetensi

Program Diploma Teknik Sipil SV UGM merupakan salah satu program di UGM yang menyelenggarakan pendidikan jalur vokasi/ profesi di bidang aplikasi ketekniksipilan dan senantiasa mempunyai komitmen terhadap tersedianya sumber daya manusia yang terampil dan siap memasuki dunia kerja. Secara ringkas, rumusan tujuan pendidikan program diploma teknik sipil adalah :

  1. Menjadi institusi unggulan di bidang pendidikan professional teknik sipil di tingkat nasional sehingga menghasilkan lulusan yang :
    • Memiliki kompetensi dan kompetitif baik di tingkat lokal maupun regional, professional, bermoral dan beretika, serta berperilaku adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    • Menguasai standard dan aplikasinya di dalam setiap aspe yang terkait dengan pekerjaan teknik sipil.
  2. Memberikan pelayanan yang berkualitas terhadap kebutuhan masyarakat dalam skala nasional melalui pendidikan dan penelitian terapan.
Profil Lulusan

Program Diploma Teknik Sipil Sekolah Vokasi UGM menghasilkan lulusan program D3 dengan gelar Ahli Madya. Setiap lulusan Program D3 Teknik Sipil mempunyai keahlian sebagai berikut :

  1. Mampu menganalisis dan merencana pekerjaan bangunan sipil,
  2. Mampu membuat gambar rencana, shop drawing dan as built drawing pada bangunan sipil,
  3. Menguasai dan memahami serta mampu melaksanakan dari gambar rencana menjadi bangunan pada pekerjaan bangunan sipil,
  4. Mampu melaksanakan pekerjaan pengawasan dan pengendalian serta Quality Control bangunan sipil,
  5. Mampu menyusun dokumen kontrak, Bill of Quantity, Rencana Anggaran Biaya Proyek dan schedule pelaksanaan bangunan termasuk ijin pembangunan,
  6. Disiplin dan mampu berkomunikasi serta bekerja sama dalam team work.
Prospek Kerja

Berdasarkan tracer study tahun 2007, masa tunggu rata-rata untuk mendapatkan pekerjaan hanya 3 bulan. Lulusan Program Diploma Teknik Sipil dapat bekerja di instansi pemerintah maupun swasta. Disamping itu lulusan D3 Teknik Sipil juga dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Mitra Kerja

Adapun instansi-instansi yang sering merekrut lulusan Program Diploma Teknik Sipil adalah :

  1. Kementerian Pekerjaan Umum
  2. Kementerian Perhubungan
  3. Badan Perencana Pembangunan Nasional (BAPPENAS)
  4. Dinas Pekerjaan Umum
  5. Perusahaan Air Minum
  6. Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika
  7. Dinas Tata Kota
  8. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
  9. Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (BAPEDALDA)
  10. Perusahaan-perusahaan Kontraktor Pembangunan, seperti : PT. Wijaya Karya, PT. Perwita Karya, PT. Waskita Karya, PT. Adi Karya,
  11. PT. Pembangunan Perumahan, PT. Pembangunan Jaya, dll.
  12. Perusahaan-perusahaan Manufaktur, seperti : PT. Karya Beton, PT. Krakatau Steel, PT. Toyota Astra, dll.
  13. Perusahaan-perusahaan Kontraktor Pertambangan, seperti : PT. Pama Persada, PT. United Tractor, PT. Trakindo Utama,
  14. Schlumberger, PT. BUMA, PT. Aneka Tambang, PT. Bukit Asam, dll.
  15. Perusahaan-perusahaan Konsultan Perencana Pembangunan, seperti : PT. Tri Patra Engineering, PT. Wiratman, PT. HERDA, PT.
  16. Encona, PT. CEEC, dll.
  17. Perusahaan-perusahaan Telekomunikasi,
  18. Perusahaan Perbankan,
  19. PT. Angkasa Pura,
  20. PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

Biaya Kuliah

Program Studi D3 Teknik Sipil : Biaya (Rp) UKT I = 500.000, UKT II = 1.000.000, UKT III = 6.000.000, UKT IV = 6.750.000, UKT V = 7.500.000, UKT VI = 9.375.000

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UGM.


Demikianlah informasi Program D3 Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kami sampaikan, semoga bermanfaat.